SEDEKAH BUMI DESA LANGGENHARJO TAHUN 2018

keterangan gambar
Arak arakan Desa Langgenharjo Tahun 2018

Tradisi Sedekah Bumi merupakan salah satu tradisi tahunan yang dilaksanakan oleh masyarakat Pati. Biasanya dilaksanakan tiap bulan Apit, namun oleh masyarakat Desa Langgenharjo, Kecamatan Juwana Kabupaten Pati tradisi Sedekah Bumi dilaksanakan tiap bulan Sura. Tujuan dilakukan pada waktu bulan Sura adalah sebagai berikut: (a) sebagai penghormatan terhadap leluhur, (b) sebagai ungkapan rasa syukur, (c) sebagai kegiatan gotong royong dan kebersamaan, (d) ketertiban, (e) kepatuhan. Fungsi sosial dari tradisi Suroan yang dilaksanakan bebarengan dengan tradisi Sedekah Bumi adalah sebagai berikut: (a) sarana integrasi sosial, (b) kesempatan perbaikan sosial, (c) sebagai pewarisan norma sosial, (d) sebagai pelestarian budaya dan hiburan bagi khasanah budaya dan wisata lokal di Kabupaten Pati.

Tradisi sedekah bumi dapat disebut juga dengan upacara khormat bumi. Khormat Bumi Memiliki pengertian menghormati bumi. Tradisi Sedekah Bumi memiliki tujuan yaitu ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang dilakukan secara bersama-sama dengan memberi sedekah makanan atau hasil pertanian, selanjutnya memanjatkan doa kepada Tuhan atas berkah dan kemakmuran yang dilimpahkan kepada seluruh penduduk desa.

Mitos yang beredar tentang pelaksanakan sedekah bumi jika tidak dilaksanakan maka akan datang bencana bagi masyarakat. Dari tahun ke tahun upacara sedekah bumi mengalami perubahan dan perkembangan baik dari waktu penyelenggaraan, prosesi, keikutsertaan warga, pemimpin upacara, alat upacara maupun hiburan. Perubahan yang paling fundamental adalah tradisi sedekah bumi sekarang sudah disesuaikan dengan ajaran agama Islam. Maka dari itu di dalam acara sedekah bumi terdapat acara pengajian yang digunakan sebagai acara penutup dalam tradisi Sedekah Bumi. Pagelaran Wayang Kulit merupakan acara inti atau acara wajib yang harus dilaksanakan dalam tradisi Sedekah Bumi. Sedangkan acara ketoprak, campursari, dangdutan, dan acara lainnya merupakan acara selingan dalam tradisi Sedekah Bumi.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan